03 Mei, 2009

Menghilangkan Icon Partisi Di Linux (Ubuntu)


Secara default Linux ( untuk masalah ini saya menggunakan Ubuntu Linux) tidak menggunakan sistem bagi partisi sebagaimana yang biasa kita temukan pada sistem oprasi Windows Xp dan saudaranya-kerabatnya, sebuah hardisk apabila diinstall sistem oprasi Linux maka sistem oprasi Linux akan mengunakan semua ruang hardisk dan hanya ada dua sistem partisi secara umum yang dibuat oleh Linux yaitu partisi Extd dan partisi Swap ( pengaturan partisi default).
tapi sebenarnya kita bisa untuk membagi ruang hardisk seperti kita menggunakan sistem oprasi Windows. Pada Ubuntu pilih opsi membagi hardisk secara manual, untuk membuat partisi untuk instalasi Linux, Lihat di sini.
Nah! masalahnya kalau hardisk sudah dibagi beberapa partisi, misalnya 4 empat atau tiga partisi lalu kita ingin me-Mount semuanya pasti Icon-icon setiap partisi hardisk akan bermunculan dan akan memenuhi desktop, Hasilnya desktop tidak menarik alias jadi semak blukar he he he!
Terus bagaimana cara membuang icon-icon partisi tersebut?
Tenang kang mas...! begini :

==>>Buka :
Aplikasi====> Peralatan sistem ====>Editor konfigurasi (pake bhs Indonesia soalnya Ubuntu di laptopkuku bisa bahasa Indonesia raya)
kalau sudah muncul jendela cari ==>Nautilus ---> Desktop---> volumes_visible dan buang tanda centangnya (Uncheck). Ok mudahkan?!



cara lain lewat terminal :

1. Buka terminal
2. Ketik "gconf-editor" tanpa tanda petik
3. Pilih apps --> Nautilus --> Desktop
4. Uncheck Volume_invisible

Kalau pada distro linux yang lain saya belum mencoba!
Ini hanya sekedar share pengalamanku kalau ada yang salah dalam tulisanku harap kasi tahu, maklum saya orang awam dan newbe di dunia open source, he he he!




Comments :

0 komentar to “Menghilangkan Icon Partisi Di Linux (Ubuntu)”